Menciptakan Ruang Kerja Di Rumah Agar Produktivitas Meningkat

Menciptakan Ruang Kerja Di Rumah Agar Produktivitas Meningkat

Saat ini bekerja dari rumah sudah banyak diterapkan oleh berbagai instansi. Work from home sudah jamak dilakukan, meski pandemic telah berlalu.

Bekerja dari rumah menjadi pilihan, bukan lagi keterpaksaan karena kondisi. Namun meskipun NN Professional bekerja dari rumah karena pilihan pribadi dengan berbagai pertimbangan, bukan berarti semua baik-baik saja.

Seringkali justru karena selalu berada di rumah, kebosanan muncul, belum lagi harus berbagi perhatian dengan pekerjaan rumah, anak-anak ataupun suami dan anggota keluarga lain yang juga berada di rumah pada saat yang sama.

Bila situassi ruang kerja tidak mendukung, bekerja dari rumah bisa mengancam prodktuvitas para NN Professional. Bagaimana cara mengatasinya?
Salah satu cara untuk menstabilkan bahkan meningkatkan produktivitas adalah membuat ruang kerja yang nyaman.

Ruang kerja yang nyaman juga dapat meningkatkan emosi dan kretivitas saat bekerja sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan maksimal. Lalu apa saja tipsnya membuat ruang kerja yang nyaman saat work fromm home?

1. Tambahkan tanaman hidup
Bekerja di ruang tertutup terkadang membuat beberapa orang menjadi bosan dan stress. Jika anda memiliki ruang kantor yang tertutup, anda bisa menambahkan tanaman hijau sebagai hiasan di meja.

Percaya atau tidak, tanaman hijau selain dapat meningkatkan kesehatan, ternyata juga mampu meningkatkan produktifitas para NN Professional.

Berdasar sebuah penelitian dari American Psychological Association menyebutkan, ketika dikelilingi tanaman, seseorang akan mampu menyelesaikan pekerjaan lebih banyak hingga 10 – 15 persen.
Tanaman juga meningkatkan suasana hati, sehingga kreatifitias mengalir dan memungkinkan para NN Professional menjadi lebih kreatif.

Tanaman juga mengurangi stress saat berada dalam pandangan mata.
Carilah tanaman yang cocok di ruangan tertutup dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Dengan menambahkan tanaman di ruang kerja. Anda akan mendapatkan energi positif dan meningkatkan produktivitas Anda.

2. Pilih Warna yang Produktif
Temukan lokasi yang tenang di rumah, sebelum menentukan ruang kerja anda. Hilangkan kebisingan dari luar dengan menutup celah dan menambhkan insulasi. Gunakan pelindung angin untuk menutup celah bawah pintu, tambahkan tikar dan plafon akustik untuk memblokir suara dari atas dan bawah.

Setelah menemukan ruangan tenang dan bebas bising, warnai ruang kerja anda dengan warna yang sesuai.
Warna telah terbukti dapat mempengaruhi produktivitas di tempat kerja. Walaupun setiap orang memiliki ketertarikan sendiri terhadap warna, namun ada beberapa warna yang ternyata memiliki efek mempengaruhi. Misalnya warna biru merangsang pikiran, kuning mendorong penciptaan ide atau kreatifitas, merah mempengaruhi fisik, hijau menciptakan kesimbangan yang membuat ketengan atau merah muda yang dapat memberikan keceriaan dan kenyamanan.

3. Berikan Pencahayaan Lebih
Cahaya yang masuk dalam ruangan kerja biasanya tidak terlalu banyak, penerangan dari dalam ruangan pun terkadang belum cukup. Maksimalkan sinar matahari alamai dengan membangun ruang kerja di dekat jendela untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari yang menyehatkan.
Jika jendela terlalu kecil, gantung cermin pada dinding di sebearang meja untuk memantulkan cahaya ke sekeliling ruangan.
Bila masih belum cukup, anda bisa menambhkan sedikit cahaya lebih di ata smeja.

Cobalah passang lampu kecil atau desk lamp di samping meja kerja anda, dengan begitu suasana kerja akan terasa lebih hangat dan nyaman. Meja dengan pencahayaan yang cukup juga bisa membuat anda lebih poduktif, kreatif dan tidak mudah mengantuk.

4. Gunakan Bantal Kursi
Kursi kantor yang bagus adalah investasi yang bijaksana. Karena kursi yang anda gunakan ternyata sangat berpengaruh dalam kenyamanan kerja. Carilah kursi yang nyaman, digunakan selama bekerja sambil menjaga postur tubuh tetap baik. Di kursi itulah anda menyelesaikan pekerjaan, mencari inspirasi, hingga membuat sebuah inovasi. Karena itu, tempat duduk yang nyaman akan mendukung produktivitas dan suasana kerja anda. Untuk membuat kursi yang nyaman, anda bisa menambahkan bantal pada kursi, sehingga anda dapat bekerja lebih nyaman dan bersender dengan mudah.

Anda juga bisa menambahkanbantal kecil pada permuaan kursi untuk menghindari pegal-pegal akibat kursi yang terlalu keras.
Untuk menghindari tekanan tubuh yang dapat menyebabkan cedera, sesuaikan ketinggian kursi agar telapak kaki rata dengan lantai dan lutut sejajar dengan pinggul.
Duduk tegak dan jaga pinggul tetap di kursi. Sandaran kursi harus sedikit direbahkan antara 100 dan 110 derajat.

5. Rapikan Meja Kerja
Ruang kerja di rumah biasanya lebih sempit disbanding ruang kerja di kantor. Karena itu hindari meja kantor dan peralatan kantor yang besar di ruang kerja rumah. Carilah furniture yang memberikan fungsionalitas dan penggunaan yang fleksibel.

Gunakan meja dan rak buku, rak bulit in dan perabotan rumah lain yang lebih dan lebih berguna, daripa meja kantor monolotik.

Dengan meja dan rak buku yang cukup, anda bisa meletakan aneka barang dengan rapi di ruang kerja anda.

Banyak orang yang saking sibuknya hingga membuat meja kerja berantakan dengan tumpukan barang yang terlalu banyak. Hal ini tentu sangat mengganggu kerja danmembuat tingkat produktivita menurun. Oleh karena itu, anda bisa mulai membuang atau menyimpan barang-barang yang tidak terpakai dan sisakan beberapa barang penting seperti jam, kalender atau catatan penting dan tempat alat tulis.

6. Tambahkan Foto Keluarga
Keluarga adalah salah satu alasan yang dapat membuat anda lebih semangat bekerja. Jadi, cobalah mulai pilih foto keluarga dan atur posisi yang mudah dilihat, serta tidak mengganggu pekerjaan anda. Jika ruangan atau meja kerja anda tidak cukup untuk menyimpan foto. Anda bisa menjadikan foto keluarga di dalam layar computer atau laptop. Dengan begitu, semangat kerja anda akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Itulah enam tips yang bisa NN Professional lakukan untuk membuat ruangan kerja lebih nyaman. Dengan ruang kerja yang nyaman, membuat NN Professional lebih mudah dalam melakukan pekerjaan dan produktivitas pun akan meningkat.

Mengatur ruang kerja terusama saat work from home dapat meningkatkan produktivitas anda. Terutama ketika anda merasa bosan dan teralihkan dengan hal-hal di rumah, ruang kerja yang nyaman menjadi solusi.(tresnawati)