Series Cordoba, Mengenang Kejayaan Islam Di Spanyol Melalui Busana

Series Cordoba, Mengenang Kejayaan Islam Di Spanyol Melalui Busana

MENDENGAR kata Cordoba, yang terbayang dalam ingatan adalah sebuah masa, saat Islam mengalami masa kejayaannya di Spanyol.

Cordoba adalah ibuka propinsi Andalusia, Spanyol Selatan. Didirikan pada jaman Romawi Kuno oleh Claudius Marcellus dan mengalami masa kejayaan saat berada di bawah Kekhalifahan Kordoba yang memerintah hampir seluruh semenanjung Iberaria. Diperikirakan, Cordoba memiliki penduduk sebanyak 500.000 masa masa itu, merupakan kota kedua terbesar di dunia pada abad ke 10, setelah Bizantium.

Di masa itu, mezquita (masjid) besar di Cordoba, menjadi pusat Islam Barat, dimana bangsa Moor yang beragama Islam, Kristen dan Yahudi hidup bersama dengan damai.

Kedamaian itu hilang, ketika pada tahun 1236, tentara Kristen menaklukan kota dan membangun sebuah katedral besar di tengah masjid.
Cordoba memiliki sejarah yang sulit dilupakan. Pemandangan kota yang elegan dan alun-alun yang ramah menunjukkan kebanggaan pada kehidupan modern dan kesejahteraan warganya.

Kejayaan Islam di abad ke 10 itu yang menjadi inspirasi bagi koleksi Nina Nugroho kali ini. Series Cordoba terinspirasi oleh arsitektur nya yang terkenal dengan sebutan Moorish.
Moorish ditandai dengan kerajinan keramik yang rumit dengan pola geometris dan lengkungan bertumpu (tapal) kuda.

Tiang-tiang dan lengkungannya tampak menyusut hingga tak terhingga, seolah mencerminkan besar dan rumitnya ciptaan Allah SWT.
Mihrab, titik focus ibadah di masjid, penuh dengan mosaic dengan 3.000 pon kubus kaca dan enamel kecil berwarna warni, menjadi bagian lain dari inspirasi.

Inspirasi lain muncul dari lingkungan Cordoba yang memiliki banyak gang sempit, bangungn warna putih dengan halaman tersembunyi.

Di halaman tersembunyi yang dimiliki setiap rumah inilah festival bunga dilakukan setiap tahunnya.

Festival bunga yang diselenggarakan setiap bulan Mei itu disebut Los Patios. Hingga kini festival itu masih berlangsung setiap tahunnya.

Halaman tradisional ala Andalusia ini memiliki atmosfir yang unik. Halamannya dihiasai dengan bunga berwarna-warni, air mancur serta ubin keramik berpola.

Rumah-rumah di Cordoba memiliki pagar tembok tinggi, sehingga wisatawan tak bisa melihat keindahan tersembunyi tersebut. Hanya di bulan Mei, pintu-pintu rumah di Cordoba terbuka lebar untuk wisatawan.

Inspirasi tersebut diaplikasikan dalam desain busana dan hijab. Warna-warna cerah seperti merah, sky blue, putih, kuning, hijau dan coklat mendominasi series kali ini.

Selain warna-warna festival bunga Los Patios, busana series Cordoba mengambil inspirasi dari siluet tradisional, seperti gaun flamingo dengan rok yang bertumpuk dan flowy. Dipermanis dengan lengan berkerut.

Menggunakan bahan yang ringan dan nyaman dikenakan, seperti katun, linen dan sutra.

Busana terdiri dari 3 katagori yakni katagori Comfort, Confidence dan Couture.

Desain Comfort didesain khusus untuk para NN Professional yang aktif dan memiliki banyak kegiatan, terutama di luar kantor dan membutuhkan fleksibilitas dalam bekerja.

Busana terdiri dari shirt, tunik juga dress yang nyaman dengan desain sederhana dan detil seperti piping, lipit, blok warna yang menawan dengan tampilan rapi, tegas dan meningkatkan kepercayaan diri. Busana -busana ini dipadankan dengan pipe pants, serta cullote.

Desain Confidence diciptakan untuk para NN Professional yang berpengaruh di lingkungannya, dibutuhkan ketegasan dan keputusannya.

Antara lain terdiri dari dress, tunik dan 2in1 shirt yang dikombinasikan dengan pipe pantas, cullote dan skirt. Ciri khas desain ini dilengkapi dengan variasi bahan bermotif yang terinspirasi dari keindahan kota Cordoba dan peradabannya.

Desain Couture dipersembahkan untuk para NN Professional yang menjadi perhatian di acara special. Masih terdiri dari dress, 2in1 shirt, midi set dengan paduan pipe pants, cullote dan skirt.

Menggunakan bahan premium seperti cotton bridal premium yang eksklusif dan mengkilap, sehingga menciptakan tampilan yang mewah. Dipadu dengan bahan bermotif dengan inspirasi keindahan Cordoba yang membuat pemakainya tampil makin mempesona.

Menampilkan sisi percaya diri yang sempurna namun tetap memberikan keleluasan dalam bergerak dan beraktifitas.

Sementara hijab dengan aneka motif dan warna khas Cordoba menyempurnakan penampilan saat mengenakan busana seroes Cordoba ini.(tresnawati)