‘Bekasi City Fashion Movement 2023’   Membawa Industri Lokal ‘Go Global’

‘Bekasi City Fashion Movement 2023’ Membawa Industri Lokal ‘Go Global’

BEKASI—Dekranasda Kota Bekasi menggelar perhelatan fashion bertajuk Bekasi City Fashion Movement (BCFM) 2023. Berlangsung dari tanggal 28 Agustus 2023 hingga 3 September, BCFM 2023 mempersembahkan fashion show, exhibition, music performance, dan Bekasi Model Hunt yang akan diikuti oleh berbagai penggiat industri kreatif tanah air.


Mengusung tema “Born to be Inpire”, BCFM untuk pertama kali diselenggarakan oleh Dekranasda Kota Bekasi. Setelah sebelumnya sebanyak 4 kali berturut-turut menggelar Bekasi Fashion Week.
Tahun ini , Dekranasda Kota Bekasi menginginkan adanya perubahan dalam tampilan pada pelaksanaan ajang kreatifitas tersebut. Tujuannya tidak lain agar memiliki ciri khas yang membedakan dari acara serupa di daerah lain.
"Kami memahami bahwa untuk menciptakan dampak yang berarti, kita perlu memberikan nilai tambah yang unik. Oleh karena itu, saya telah menginstruksikan kepada Mbak Nina Nugroho, sebagai penanggung jawab untuk memastikan bahwa Bekasi City Fashion Movement memberikan pengalaman yang berbeda dan memberikan nilai inspiratif kepada industri fashion lokal," ungkap Wiwiek Hargono, Ketua Dekranasda Kota Bekasi.
Wiwiek Hargono menegaskan bahwa gelaran BCFM sebagai upaya untuk memajukan sektor ekonomi kreatif. Melalui acara ini pula diharapkan kota Bekasi akan dapat menempatkan dirinya sebagai pesaing utama dalam bidang fashion di Indonesia.
“Dengan melibatkan para pelaku industri fashion lokal, kami berkomitmen untuk membawa Bekasi bersaing sejajar dengan daerah-daerah lainnya," paparnya.
Ke depan , melalui ajang yang diusung Dekranasda akan memberikan kontribusi positif dalam membangun citra Kota Bekasi sebagai destinasi investasi yang menarik.
“Kami percaya bahwa melalui acara ini, kita akan dapat menjadikan Bekasi sebagai kota yang ramah bagi investasi, serta memberikan sumbangan berarti bagi pertumbuhan ekonomi. Kami mengharapkan terjadi perputaran uang sebanyak-banyaknya melalui event ini," ujar Wiwiek, lagi.
Sementara itu Nina Nugroho, Ketua Pelaksana BCFM 2023 sekaligus Sekretaris Umum Dekranasda Kota Bekasi mengatakan pelaksanaan BCFM dapat membawa industri fashion di Bekasi naik kelas.
"Serangkaian acara telah disiapkan. Ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk mengangkat standar industri fashion dan membawa Bekasi naik kelas," kata Nina, antusias.
Rangkaian kegiatan Bekasi City Fashion Movement, diantaranya pagelaran fashion show, lomba model ‘Bekasi Model Hunt’, Talkshow, pameran UMKM, serta acara exibition lainnya. Acara ini juga akan menampilkan desainer lokal dan nasional, bertujuan untuk menginspirasi para pelaku industri fashion di Bekasi.
Untuk sesi talkshow banyak tema yang telah disiapkan, diantaranya: talkshow bersama Pegadaian, talkshow bersama WSDK tentang pentingnya belajar self defense untuk perempuan, talkshow bersama Desainer Sonny Muchlison mengenai ‘ self esteem’ dan talkshow bersama Dimensi tentang ‘Pentingnya digital marketing sebagai pendukung UMKM naik kelas’ , dan masih banyak lagi.
Bertempat di Atrium Grand Metropolitan Mal , Kota Bekasi, sederet desainer bertaraf nasional bakal tampil dalam opening ceremony yang berlangsung pada tanggal 1 September 2023, yaitu

1.Nina Nugroho
2.”W” by Salwa
3. Si.Se.Sa
4. Iva Lativah
5. Jenny Tjahyawati
6. Puan Indonesia by Mida Gita Fitria
7. Henni Noer
8. Wow Batik Luxury x Thanks God by Leny Rafael
9. Novitasari
10. Dian Pelangi
11. Sonny Muchlison
12. Tuty Adib

Pada gelaran BCFM 2023, kembali dimeriahkan dengan adanya performance Guest Star dari para pimpinan daerah yang tergabung dalam Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah). Mereka akan berlenggak lenggok di atas catwalk dengan membawakan busana batik wastra nusantara dari desainer Hikma, Diva, Eni Suarti, Marry dan Jenny Tjahyawati.
Pagelaran BCFM 2023 dibuka oleh Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. Tri Adhianto mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Bekasi senantiasa mendorong para UMKM, pelaku seni untuk dapat menciptakan inovasi, dan karya-karya seninya.

"Pemerintah Kota Bekasi akan berupaya mendorong dan memfasilitasi para pelaku seni, Designer dan UKM untuk dapat menciptkan karyanya secara nasional maupun Internasional," pungkas Tri Adhianto.