Pakaian Formal: Tampil Percaya Diri di Ruang Rapat

Pakaian Formal: Tampil Percaya Diri di Ruang Rapat

Kegiatan di ruang meeting kerap menguras otak dan tenaga sehingga penampilan dengan pemakaian busana yang tepat dapat membantu seseorang tetap percaya diri dalam membuat keputusan dan membahas strategi bisnis.

Apapun profesi yang Anda geluti, kemungkinan besar akan menghadapi situasi di mana Anda perlu mengenakan pakaian formal. Bukan sekedar gaya, tetapi lebih dari itu pakaian memiliki kekuatan bagi si pemakainya.

Berikut mengapa pakaian formal menjadi yang ‘wajib’ dipersiapkan sebelum hadir ke ruang rapat:
1. Cerminan Profesionalisme
Pakaian formal, seperti setelan jas atau blazer dengan dasi, memberikan kesan bahwa Anda seseorang yang professional, menghargai waktu dan usaha semua orang yang terlibat dalam pertemuan. Ini juga mengkomunikasikan bahwa Anda telah bersiap dengan baik untuk berbicara atau berpartisipasi dalam diskusi bisnis.

Profesionalisme adalah hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Dengan mengenakan pakaian formal yang sesuai, Anda akan terlihat lebih kompeten dan dapat diandalkan di mata rekan kerja, atasan, atau klien Anda. Ini adalah langkah pertama dalam membangun reputasi sebagai seorang profesional yang serius.

2. Berpengaruh Pada Kepercayaan Diri
Pada sebuah penelitian psikologi menunjukkan penampilan yang baik akan menimbulkan rasa percaya diri pada diri seseorang.
Kepercayaan diri ini akan membuat Anda dengan leluasa mengeluarkan ide-ide brilliant sekaligus memengaruhi keputusan dan hasil.

Hal ini turut diamini oleh Desainer Nina Septiana , bahwa pemilihan warna dan desain merupakan satu kesatuan yang tak dapat dilepaskan.

“Warna membawa pesan tertentu, adalah benar adanya. Sebut saja, merah adalah symbol tentang gairah, keberanian, aksi dan semangat yang membara. Psikologi warna dalam busana menggunakan warna merah mampu menimbulkan memicu emosi atau gairah yang tinggi,”ungkap Nina Septiana yang secara khusus menimba ilmu seputar psikologi warna dalam fashion di sebuah perguruan tinggi di London.

3. Menyesuaikan Dengan Budaya Perusahaan
Perusahaan, tempat Anda bekerja bisa saja sangat menekankan budaya formal dalam terhadap karyawannya. Ikuti saja aturan main tersebut, karena ketika Anda mengenakan pakaian formal yang sesuai dengan budaya perusahaan akan membantu Anda merasa lebih nyaman dan diterima oleh rekan-rekan kerja.

4. Menghasilkan Kesepakatan yang Lebih Baik
Penampilan Anda juga dapat memengaruhi bagaimana orang lain merespons Anda dalam negosiasi dan pertemuan bisnis.
Anda akan lebih mampu menjelaskan argumen Anda dengan jelas dan meyakinkan, yang dapat membantu Anda mencapai hasil yang lebih baik dalam pertemuan bisnis.

“Kembali pada pemilihan baju dengan warna tertentu itu sangat penting. Misal, pada saat kondisi kantor lagi hectic. Terus kita menginginkan suasana jadi lebih enak, saran saya cobalah kenakan baju warna hijau. Karena warna hijau mengasosiasikan aman, nyaman. Sementara untuk yang mau presentase atau mengikuti meeting, saya sarankan pakai baju warna navi. Karena warna ini asosiasi dari percaya diri dan optimis. Jangan lupa padukan juga dengan semburat warna kuning yang juga asosiasi dari rasa optimis,” urai Nina Septiana.

5. Kesimpulan
Jangan remehkan kekuatan pakaian formal dalam ruang rapat. Pilihlah pakaian yang sesuai dengan budaya berpakaian perusahaan Anda. Pakaian formal yang tepat membawa pesan bahwa Anda adalah seorang profesional yang serius, siap untuk berkontribusi, dan menghormati budaya perusahaan.

Pastikan Anda merasa percaya diri ketika mengenakannya. Dengan cara ini, Anda akan tampil lebih percaya diri dan sukses dalam setiap pertemuan bisnis yang Anda hadiri.

Anda dapat meningkatkan pengaruh pada setiap pertemuan bisnis, meraih kesepakatan yang lebih baik, dan membangun reputasi sebagai seorang profesional yang kompeten dan dapat diandalkan. (Dewi Syafrianis)