Para NN Professsional tentu sudah sangat paham dengan pepatah ini, Men Sana In Corpore Sano (dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat).

Untuk mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga. Tapi di tengah kesibukan yang super padat, sepertinya nyaris tidak mungkin menyisihkan waktu untuk bisa berolahraga secara rutin. Betul begitu?

Padahal olahraga selain meningkatkan kemampuan dan ketrampilan fisik seseorang, juga mampu memberikan hiburan bagi pelakunya.

Dengan olahraga, maka sirkulasi darah dan oksigen akan lancar, menguatkan struktur tulang, menyehatkan organ tubuh bahkan menurunkan tingkat stress. Namun sayangnya, kesadaran masyarakat berolahraga di Indonesia masih perlu ditingkatkan.

Menurut laporan Nasional Sport Development Index (SDI) 2021 yang dilakukan oleh Kemenpora, hanya 32.83% masyarakat Indonesia yang aktif berolahraga.

Artinya, dari 100 orang hanya 33 orang yang rajin berolahraga. Hal ini menjadi salah satu penyebab Indonesia masuk 6 (enam) besar negara dengan penyakit tidak menular seperti jantung, hipertensi, ginjal, stroke, ISPA dan diabetes melitus.

Bila tidak bisa menyediakan waktu khusus untuk berolahraga, NN Professional juga bisa melakukannya di kantor di sela kesibukan lho.

Olahraga ringan di kantor sangat banyak manfaatnya, setelah seharian penuh duduk dan tidak melakukan aktifitas fisik yang cukup.

Sebelum kita membahas apa saja olahraga ringan yang bisa dilakukan di kantor, yuk kita simak, apa saja manfaat olahraga ringan di kantor.

1. Membantu tubuh tetap sehat dan mengurangi obesitas

Bekerja di kantor seharian, ternyata menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan. Ini karena aktivitas fisik yang dilakukan di kantor hanya sedikit sehingga menyebabkan metabolisme tubuh berjalan lebih lambat. Apalagi bila ditambah dengan konsumsi makanan manis dan ngemil saat bekerja..

2. Membantu pikiran rileks dan terhindar dari stress

Tekanan pekerjaan bisa saja menyebabkan timbulnya stress dan ketegangan, olahrga rungan dapat membantu melepaskan hormon endorphin di dalam tubuh, sehingga mengubah mood menjadi lebih baik.

3. Meredakan otot yang tegang dan kaku

Seharian duduk di kursi menatap laptop dengan gerakan yang terbatas menyebabkan otot-otot menjadi tegang dan kaku.

Melakukan gerakan ringan dapat mencegah kekakuan pada otot. Lakukan gerakan ringan, saat merasakan ketegangan dan kekakuan otot.

4. Menambah energi dan pikiran lebih fokus

Saat aktivitas begitu padat dan menguras energi, seringkali menggangu fokus. Olahraga ringan selama bebeapa menit mampu mengembalikan fokus dan menjadi suntikan energi yang sempat terkuras.

5. Menambah semangat

Kelelahan saat bekerja di kantor menyebabkan produktifitas menurun. Ini akibat aktifitas yang monoton dan kurang gerak fisik. Akibatnya suplai oksigen ke otak juga menurun.

Dengan triceps stretch akan mengembalikan semangat yang sempat kendor.

6. Tidur lebih nyenyak

Dengan berolahraga ringan di kantor, ternyata dapat membuat tubuh lebih rileks dan terhindar dari otot yang kaku. Dengan tubuh yang rileks, tidur jadi lebih nyenyak.

7. Meningkatkan daya ingat

Olahraga ringan akan memperlancar sirkulasi darah menuju otak sehingga suplai oksigen ke otak mencukupi. Ini akan membuat focus dan daya ingat lebih tajam.

Olahraga Bagi si Super Sibuk di Kantor

Melihat begitu banyak manfaat berolahraga, serius tidak ingin melakukannya secara rutin?

Bagi si super sibuk, sebenarnya bisa kok melakukan olahraga ringan di kantor dengan berbagai jenis olahraga sederhana.

Yuk kita simak olahraga apa saja yang bisa dilakukan di kantor:

1. Peregangan Tubuh bagian atas

Satukan kedua tangan di atas kepala dengan tangan menghadap ke atas. Dorong lengan ke atas dan regangkan. Tahan gerakan ini selama 10 – 30 detik.

2. Peregangan bahu

Gerakan untuk meregangkan bahu dapat dilakukan dengan dua cara, pertama satukan kedua tangan dan posisikan di belakang tubuh, tarik ke belakang sambil membusungkan dada ke depan dan naikkan dagu. Tahan selama 10 – 30 detik.

Gerakan berikuti dimulai dengan duduk tegak di kursi. Angkat bahu setinggi telinga sambal menarik napas dalam, tahan beberapa saaat kemudian hembuskan perlahan sambil mengembalikan ke posisi semula. Lakukan berulang agar bahu lebih nyaman.

3. Peregangan Trisep

Angkat satu lengan ke atas kepala dan tekuk hingga tangan mencapai sisi yang berlawanan (tulang belikat). Gunakan tangan yang lain untuk menarik siku ke arah kepala. Tahan gerakan ini selama 10 – 30 detik. Ulangi untuk tangan yang lain..

4. Squat dengan kursi

Sebelum melakukan gerakan ini, pastikan terlebih dahulu kursi yang kita duduki stabil. Dari posisi duduk, angkat pinggul hingga melayang di atas kursi. Rentangkan lengan untuk menjaga keseimbangan. Tahan gerakan ini selama 2 – 3 detik, lalu berdiri tegak. Ulangi hingga 16 kali.

Gerakan squat dapat dikombinasikan dengan lunge, yaitu menekuk lutut ke depan, kaki yang satunya diposisikan ke belakang. Latihan squat duduk berdiri secara teratur dapat mengurangi risiko nyeri punggung bawah atau Low Back Pain (LBP).

5. Jalan Kaki

Tidak harus berkeliling kantor untuk bisa jalan kaki. Langkah ringan dapat dilakukan agar tidak terus di belakang meja. Sesekali berjalan ke pantry atau ke ruangan yang lain didalam kantor. Bila hanya bisa di ruangan saja, lakukan gerakan jalan bolak-balik sudah cukup.

6. Angkat Beban

Dumble kecil dapat diletakkan di ruangan dan sesekali bisa digunakan di sela-sela waktu. Karena bentuknya kecil maka lebih praktis dan tidak harus pergi ke pusat kebugaran. Selain membuat badan tetap aktif, angkat beban juga membantu menjaga otot serta meningkatkan kepadatan tulang.

7. Peregangan pinggul dan lutut

Peluk salah satu lutut dan tarik kearah dada. Tahan selama 10 – 30 detik, lakukan bergantian pada kedua lutut.

8. Peragangan paha belakang

Dalam posisi duduk, rentangkan satu kaki kearah luar. Jangkau jari kaki dengan kedua tangan dan tahan selama 10 – 30 detik. Lakukan bergantian pada kedua kaki. Lakukan bergantian dan tidak bersamaan kedua kaki, agar terhindar dari resiko cedera punggung.

9. Peregangan leher

Awali dengan posisi kepala menunduk, kemudian lakukan gerakan memutar searah jarum jam dan ulangi pada arah sebaliknya. Lakukan gerakan selama 10 detik dan ulangi 3 kali masing-masing arah.

10. Peregangan dada

Berdiri dengan posisi lengan di belakang punggung. Luruskan lengan dan angkat perahan tangan hingga merasakan peregangan di dada. Tahan selama 10 – 30 detik.

11. Pembentukan otot bisep

Manfaatkan botol minum yang ada di meja kerja anda. Genggam ditangan kanan, tekuk tangan kearah bahu. Pastikan menahan otot perut dan punggung berada dalam posisi lurus. Ulangi 16 kali. Lakukan gerakan juga dengan tangan kiri.

Gerakan-gerakan di atas mudah dan ringan untuk dilakukan di kantor. Setidaknya, hanya perlu meluangkan waktu beberapa menit untuk olahraga tersebut setiap hari. Pilih beberapa gerakan yang mungkin dilakukan di kantor anda. Jika dilakukan secara rutin, maka tubuh menjadi lebih fit dan tidak mudah lelah, bekerja juga makin semangat. Ayuk olahraga!! (tresnawati).