8 Rutinitas Pagi Ini Diperlukan Agar Lebih Semangat dan Produktif Bekerja

8 Rutinitas Pagi Ini Diperlukan Agar Lebih Semangat dan Produktif Bekerja

NN Professional tentu pernah berada dalam situasi sibuk seharian, kembali ke rumah dalam keadaan lelah. Tak nyenyak tidur karena begitu banyak yang harus dipersiapkan keessokan harinya. Bangun pagi kesiangan, sehingga mood berantakan. Produktifitas pun menurun drastis.

Di tengah tuntutan kerja yang begitu ketat, mood yang berantakan, akan menyulitkan NN Professional dalam mengelola pekerjaan. Sangat penting untuk berangkat ke tempat kerja dengan mood yang baik, ringan dan Bahagia, agar produktifitas dapat meningkatkan, prestasi gemilang pun dapat diraih dengan mudah.

Salah satu cara agar mood di pagi dapat terjaga dengan baik adalah memulai pagi dengan rutinitas, yang disebut dapat membantu meningkatkan produktivitas dan membuat hari-hari NN Professional menjadi lebih bermakna.

Tentu saja jangan lupa untuk juga memprioritaskan waktu untuk istirahat yang cukup dan menjaga kesehatan mental dan fisik agar tetap fokus dalam bekerja. Memulai hari dengan rutinitas yang baik dapat membantu NN Professional untuk meningkatkan produktivitas sepanjang hari.

Cara mudah yang dapat dilakukan adalah dengan bangun tidur lebih awal, merapikan tempat tidur, jangan melewatkan sholat subuh dan mandi subuh, sarapan, dan tentu saja persiapkan peralatan kerja.

Rutinitas ini akan berdampak positif bagi suasana hati dan NN Professional akan lebih mudah berkonsentrasi sepanjang hari.

Mempersiapkan dan mengatur waktu di pagi hari menjadikan suasana hati NN Professional jauh lebih baik. Berangkat ke kantor dengan ringan dan hati yang riang.

Suasana hati yang baik di pagi hari, akan menjadikan tubuh terasa lebih fit dan bugar sepanjang hari.

Hal ini tentu akan menjadikan NN Professional lebih fokus dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di depan mata. Prioritas waktu makin tertata dan pada akhirnya berefek baik bagi prestasi kerja.

Berikut adalah 5 kegiatan pagi agar NN Professional lebih semangat dan produktif.

1. Bangun pagi, awali dengan sholat Subuh

Sebagai seorang Muslimah, bangun lebih awal sudah menjadi rutinitas wajib.

Selain karena kewajiban untuk menjalankan ibadah sholat Subuh, bangun lebih pagi memang kebiasaan yang sangat baik untuk diterapkan dalam hidup kita.

Dengan bangun pagi, kesehatan tubuh dan pikiran akan lebih meningkat.

Lanjutkan dengan membaca surah Al Waqiah selesai sholat Subuh, maka bukan hanya fisik, melainkan spiritual kita pun disiapkan dengan penuh untuk kegiatan seharian nanti.

Bila sulit bangun lebih awal, mulailah dengan tidur malam lebih awal dan memasang alarm.

Dengan bangun pagi lebih awal, membuat NN Professional tidak terburu-buru mempersiapkan diri untuk kegiatan hari itu, sehingga bisa bekerja lebih baik.

2. Merapikan tempat tidur

Meski kelihatan sepele, namun ternyata merapikan tempat tidur bisa memperbaiki mood begitu bangun tidur.

Jadi begitu turun dari tempat tidur, jangan lakukan aktifitas lain, sebelum merapikan tempat tidur NN Professional.

Tempat tidur yang rapi akan membuat kita memulai hari dengan lebih focus hari itu. Sepulang berkegiatan nanti, NN Professional bisa langsung merebahkan diri di tempat tidur yang sudah rapi. Setidaknya apabila hari itu berlangsung kurang baik, NN Professional pulang dan disambut dengan tempat tidur yang rapi, akan mengembalikan mood yang kurang bagus.

3. Olahraga Pagi

Setelah sholat subuh dan dilanjutkan dengan membaca Surah Al Waqiah, NN Professional bisa melanjutkannya dengan olahraga pagi. Tidak perlu harus melakukan olahraga berat. Streching pun sudah cukup, agar tubuh terasa lebih rileks saat nanti beraktifitas seharian.

Dengan berolahraga, tubuh akan melepaskan hormone endorphin yang memperbaiki suasana hati.

4. Mandi Subuh

Rutininat lain yang sangat baik dilakukan adalah mandi subuh. Yakni mandi sebelum jam 5.00 pagi.

Banyak manfaat yang didapat dengan mandi subuh ini. Mandi dengan air dingin di waktu subuh akan mengubah tingkat bahan kimia penghasil norepiferin di otak, yang membantu NN Professional merasa energk dan waspada.

Selain meningkatkan energi dan kewaspadaan, mandi subuh juga memperlancar peredaran darah, meningkatkan kesehatan jaringan tubuh, rambut menjadi lebih sehat, mencegah depresi, membantu mengatasi rasa takut dan khawatir, serta segudang manfaat lain.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Rutinitas pagi lain yang tak kalah penting dilakukan adalah minum air putih.

Pasalnya, selama tidur semalaman, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan, sehingga perlu mengembalikan kadar cairan tubuh dengan minum air putih.

Selain menghidrasi tubuh, minum air putih akan membantu NN Professional merasa lebih bersemangat dan membantu mengaktifkan otot serta organ dalam tubuh bekerja.

Menurut para ahli, kondisi dehidrasi mengakibatkan seseorang menjadi lesu dan kurang bersemangat.

6. Sarapan

Jangan pernah melewatkan waktu untuk sarapan. Karena asupan gizi sarapan akan sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan selama setengah hari ke depan.

Nikmati sarapan dengan tenang, focus lah dengan sarapan yang ada di atas meja, karena hal ini akan memberikan efek yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan mental para NN Professional.

Pilihlah sarapan tinggi protein, karena makanan tinggi protein mampu mengembalikan energi tubuh dengan cepat dan mencegah kantuk kembali datang.

Pilihan sarapan tinggi protein antara lain telur, protein shake, kacang almond, yoghurt dan gandum. NN Professional bisa pula melengkapinya dengan karbohidrat kompleks dan serat.

Setelah selesai menikmati sarapan, ambil waktu beberapa menit untuk duduk tenang sambil mencari inspirasi.

7. Menyetel playlist kesukaan

Menikmati rutinitas pagi akan makin menyenangkan, bila ditemani dengan music kesukaan yang ada dalam playlist NN Professional.

Mendengarkan music kesukaan mampu memperbaiki mood. Irama yang rancak dengan nada dan lirik yang riang dan penuh semangat, akan membuat NN Professional menjadi bersemangat pula.

NN Professional bisa melakukan aktifitas lain, sambil mendengar lagu kesukaan.

8. Membuat dan memeriksa to-do list

Membuat to-do list merupakan tips produktif lain yang harus dilakukan. Dengan daftar kegiatan yang jelas, NN Professional bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan tidak melewatkan pekerjaan penting.

Buat to-do list pada malam sebelumnya, dan periksa kembali keesokan harinya, sebelum berangkat ke tempat kerja. Kerjakan hal prioritas lebih dulu, sebelum yang lain. To-do list bisa ditulis di kertas atau menggunakan aplikasi di ponsel.

Demikian tadi 8 rutinitas rutin yang bisa NN Professional lakukan, agar produktifitas meningkat, terhindar dari stress karena dikejar waktu. Tubuh tetap bugar karena masih sempat sarapan dengan benar, bahkan berolahraga untuk menjaga kesehatan.

Yuk lakukan mulai sekarang!(tresnawati)