Tips Merawat Gamis agar Tidak Rusak

dok. foto : Nina Nugroho

Bahan yang umumnya digunakan untuk pembuatan busana gamis cukup beragam. Ada yang menggunakan bahan brokat, satin, katun, katun jepang maupun sutera. Selain bahan yang berlainan, masing-masing bahan itu juga memiliki jenis atau kelas yang berbeda. Membedakan masing-maing jenis kain tersebut sebenarnya cukup mudah, baik dari penampilannya maupun sentuhannya yang lembut.

Perlukah kita merawat baju gamis dan bagaimana caranya? Gamis merupakan salah satu model busana muslimah yang banyak diminati dan naik popularitasnya akhir-akhir ini. Apalagi baju gamis relatif fleksibel untuk dikenakan pada berbagai suasana dan acara, termasuk untuk bersilaturahmi ke tempat saudara atau tetangga saat lebaran. Tak hanya itu gamis pun dapat menjadi salah satu pilihan wanita aktif muslimah untuk berkegiatan.

Nah, untuk merawat gamis dengan beragam pilihan bahan agar awet dan tidak mudah memudar sebenarnya cukup mudah, yuk intip tips dari Nina Nugroho untuk merawat gamis :

  1. Hindari mencuci busana gamis baik yang berbahan satin, katun jepang, ataupun sutera dengan mesin cuci sebab justru akan membuatnya cepat rusak. Untuk mencucinya lakukan saja secara manual dengan tangan dengan sabun cuci yang khusus diperuntukkan bagi jenis kain yang lembut.
  2. Ada baiknya rendam terlebih dahulu busana gamis sebelum dicuci ke dalam air selama kira-kira 10 menit. Setelah itu baru dicuci dengan cara dikucek secara perlahan lalu bilas. Sebaiknya hindari penggunaan sikat baju, terutama yang kasar, saat mencuci busana gamis.
  3. Dalam mencuci baju gamis, hindari dalam memerasnya. Untuk mengurangi kandungan air dalam baju cucian cukup didiamkan di atas tempat berongga (di tus)
  4. Hindari panas langsung dari matahari saat menjemur baju gamis agar tidak merusak serat kain maupun warnanya. Cukup angin-anginkan saja di tempat yang agak teduh hingga kering.
  5. Dalam merawat baju gamis sebaiknya hindari untuk terlalu sering mencucinya.
  6. Setelah melalui proses pencucian, sebaiknya gamis di gantung menggunakan hanger.

Perawatan dapat dilakukan secara lebih efektif agar malah tidak merusak bahan kainnya. Apalagi masing-masing jenis bahan busana memiliki karakteristik yang berlainan yang membutuhkan cara yang berbeda pula dalam perawatan dan pemeliharaannya.

Nah, bagaimana mudah-mudahan bermanfaat ya tips merawat gamis dari Nina Nugroho.

Jangan lupa check koleksi gamis Nina Nugroho di www.ninanugroho.com atau sosial media IG @ninanugrohostore/FB : NINA NUGROHO dan shopee/tokopedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *