TENUN DELI SERDANG MELENGGANG INDAH DI IFW 2018

Indonesia Fashion Week 2018 Designer Nina Nugroho by Dekranasda Deli Serdang “Techno-Culture”

Jakarta-Perhelatan fashion terbesar di Tanah Air baru saja usai digelar, Indonesia Fashion Week 2018 menjadi ajang para desainer mempresentasikan karya terbaiknya. Salah satu karya desainer yang melenggang dengan indahnya adalah kain tenun Deli Serdang yang dipresentasikan oleh desainer Nina Septiana berlabel NINA NUGROHO.

Konsep klasik modern dipilih dengan memadukan gaya desain klasik yang timeless dengan kesederhanaan, warna yang tegas yang tak lekang waktu, dan gaya modern yang up to date mengikuti kebutuhan tuntutan mobilitas dunia modern.

“Tema yang saya pilih kali ini “Techno-Culture”, tekno yang berarti technology dan culture yang berarti budaya. Techno dalam hal ini adalah modernisasi, dalam arti desain modern yang diperuntukkan pada kain tradisional warisan budaya. Koleksi techno-culture ini dibawakan dalam konsep busana kerja yang simple dan elegan,” ujar Nina.

Tenun Deli Serdang Sumatera Utara, hadir dengan motif melayu seperti bunga bakung, bunga sekaki, pucuk rebung, sulur kangkung, dan bunga cengkeh. Warna-warna dominasi yang dimunculkan adalah merah marun, biru benhur, hitam, hijau, abu-abu, dan ungu.

Bahan tafetta victoria berwarna hitam menjadi bahan pilihan untuk bagian bottom dan silk hermes hitam sebagai lining dalam. Untuk memberikan kesan feminin, Nina Nugroho memilih bahan brokat modern yang dipayet dengan menggunakan payet berjenis piring dan sedikit payet bulat yang keseluruhan nya berwarna hitam.

Aksesoris tambahan yang digunakan dalam kesempatan kali ini adalah tebaran swarovski berukuran sedang dan kecil yang di sebar di berbagai bagian busana. Di beberapa koleksinya Nina Nugroho meyematkan kalung bernuansa Melayu yang mempertegas identitas asal dari busana yang dibawakan.

Suatu kebanggan baginya, karena terpilih sebagai satu-satunya desainer yang diberi kesempatan berupa sponsorship oleh Pemerintah Deli Serdang.  Mewakili wilayah Sumatera Utara dengan mempersembahkan busana berbahan dasar tenun Deli Serdang bertujuan memperkenalkan keindahan kain-kain nusantara yang tak lekang waktu jika dipadukan dengan gaya busana modern.

“Siapapun bisa jatuh cinta jika sudah mengenal keindahan kain Nusantara, warisan budaya ini harus terus dijaga. Kesempatan mengeksplorasi tenun ini menjadi tantangan buat saya, bagaimana menciptakan busana yang bisa dikenakan sehari-hari, sehingga generasi muda sekarang lebih mudah mengenal kain nusantara dan bangga mengenakannya,” tutur Nina.

Digelar selama empat hari di Jakarta Convention Center, Indonesia Fashion Week 2018 sukses menarik para pecinta fashion Tanah Air. Tak hanya menampilkan karya desainer di atas panggung runway. Exhibition sukses menghadirkan berbagai item fashion yang memanjakan para pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo! Klik salah satu CS dibawah untuk melakukan chat via WhatsApp.