Tanya Jawab Seputar Covid-19 (bagian-1)

Tanya Jawab Seputar Covid-19 (bagian-1)

CORONA Virus atau Covid-19 menjadi wabah yang saat ini sedang melanda seluruh dunia. Sebagai warga bangsa, kita tentu juga harus paham betul, apa sebenarnya Covid-19 sehingga bisa menjadi bagian dalam upaya pencegahan semakin meluasnya wabah Covid-19 ini di Indonesia. Dengan pemahaman yang baik dan benar, kita juga bisa melindungi keluarga tercinta dari paparan virus yang sangat berbahaya ini.

Kali ini Nina Nugroho menghadirkan Drs Bambang Priyambodo, Apt, General Manager Manufacturer PT Air Mancur yang telah  mengumpulkan informasi mengenai Covid-19 dari berbagai sumber.

Yuk kita ikut perbincangan dengan beliau.

 

Tanya (T) : Apa itu Coronavirus?

Jawab (J)  : Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran pernapasan pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus merupakan virus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19, yaitu SARS-COV-2

 

T : Apa itu Covid-19?

 J : COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan (SARS-COV-2). Virus baru dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelum mulainya wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019.

 

T : Apa itu virus SARS-Cov-2?

J  : SARS-COV-2 adalah nama yang diberikan oleh WHO terhadap virus yang ditemukan pertama kali di Wuhan, China  sekitar akhir November 2019 yang lalu. Nama sebelumnya adalah 2019-nCOV (2019 novel coronavirus)

 

T : Koq namanya ada SARS-nya, apakah virusnya sama dengan virus penyebab penyakit SARS?

J : SARS-COV-2 penyebab COVID-19, merupakan virus yang termasuk dalam keluarga Virus Corona. Sampai saat ini setidaknya ada lima jenis virus corona yang diidentifikasi pada manusia. Tiga yang paling terkenal menyebabkan penyakit SARS, MERS, dan COVID-19. Virus ini disebut “corona” yang dalam Bahasa Latin memiliki arti “mahkota”. Ini karena bila dilihat menggunakan mikroskop, virusnya seperti dilingkari mahkota.

 

T : Bagaimana kasus COVID-19 ini bermula?

J :  Kasus Virus dan penyakit ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Diduga virus ini muncul pada November 2019 dan menyerang seorang lelaki usia paruh baya yang kemudian menyebar ke seluruh dunia. Hingga saat ini, COVID-19 sudah ditemukan di 192 negara di seluruh dunia, dengan jumlah manusia yang terinfeksi sebanyak 338.724 orang, dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 14.678 orang ( 4,33%).

 

T : Apakah benar virus SARS-COV-2 berasal dari hewan tertentu yang Wuhan? Atau hasil penelitian laboratorium di Wuhan, tentang senjata biologis yang bocor?

J : Sesuai hasil penelitian dari Kristian Andersen, PhD, associate professor of immunology and microbiology at Scripps Research Institute membuktikan bahwa virus SARS-COV-2 sebagai penyebab penyakit COVID-19 adalah natural. Artinya bukan merupakan produk rekayasa genetik atau senjata biologis.

Namun demikian, virus SARS-COV-2 ini merupakan hasil mutasi dari virus SARS-COV yang merupakan penyebab penyakit SARS, yang memiliki sifat-sifat yang sangat berbeda dengan virus asalnya. Virus SARS-COV-2 ini memiliki sifat gabungan dari virus influenza yang sangat mudah menyebar, virus MERS yang sangat mematikan dan virus SARS yang menempel pada organ-organ pernafasan. Jadi virus SARS-COV-2 ini seperti 3 virus menjadi 1. Jadi bisa dibayangkan betapa ganasnya virus ini.(bersambung)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo! Klik salah satu CS dibawah untuk melakukan chat via WhatsApp.