NN Beauty : Tips Atasi Rambut Rontok Wanita Berhijab

(foto by Nina Nugroho)

Wanita berhijab sering kali mengalami masalah rambut rontok. Hal itu lumrah adanya. Sebab, rambut wanita berhijab cenderung lebih lembab sehingga mengakibatkan kerontokan dan meningkatkan risiko terjadinya ketombe.

Namun, penyebab kerontokan wanita berhijab sebenarnya beraneka ragam. Misalnya, langsung mengenakan jilbab setelah keramas tanpa mengeringkannya dulu, jarang menyisir rambut, dikuncir terlalu keras, dan lainnya.
Meski demikian, kerontokan rambut masih dianggap wajah jika berkisar 80 sampai 100 helai per hari. Tetapi, bila lebih dari 100 helai rambut per hari baru dikatakan tidak normal. Untuk mengatasi rambut rontok akibat berhijab, Anda bisa melakukan sejumlah tips berikut ini:
1. Keramas secara teratur
Keramaslah minimal dua hari sekali. Gunakan shampoo yang sesuai dengan keadaan rambut. Jangan lupa gunakan conditioner untuk menguatkan akar rambut.
2. Rajin menyisir rambut
Jangan karena berhijab, lantas jarang menyisir rambut karena tidak terlihat orang. Mulai sekarang buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Sebab, rajin menyisir rambut tiga kali dalam sehari sama halnya dengan melakukan pemijitan kulit kepala. Fungsinya membantu melancarkan peredaran darah. Sebaiknya, hindari menyisir rambut dalam keadaan basah karena saat itu akar rambut sedang sangat rapuh.
3. Gunakan sisir bergigi jarang
Sebaiknya gunakan sisir plastik bergigi jarang karena sisir bergigi rapat dapat meningkatkan risiko kerontokan.
4. Ikatan yang kencang
Hindari mengkuncir rambut dengan ikatan kencang, karena mengakibatkan kerontokan lebih parah. Sebaiknya, lepaskan kunciran usai melepas jilbab. Gunanya untuk membuat rambut bernafas karena telah diikat selama seharian. Gunakan juga ikat rambut berlapis kain.
5. Hindari alat pengering
Menggunakan jilbab saat rambut dalam keadaan basah memang tidak disarankan karena meningkatkan kerontokan yang terjadi. Namun, jangan pula menggunakan alat pengering agar rambut cepat kering. Sebaiknya, keringkan rambut menggunakan anduk dengan cara menepuk-nepuk.
6. Pilih hijab yang serap keringat
Memilih bahan hijab yang mampu menyerap keringat menjadi acuan penting. Bahan yang menyerap keringat mampu mengurangi kelembaban kulit kepala. Dan gantilah inner hijab Anda setiap hari.

 

Nah, gimana? Semoga tips tadi membantu kalian yang punya masalah rambut berketombe ya. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo! Klik salah satu CS dibawah untuk melakukan chat via WhatsApp.