Nina Nugroho : Bukan Hanya Berbisnis Tetapi juga Memberi Value Lebih

Nina Nugroho : Bukan Hanya Berbisnis Tetapi juga Memberi Value Lebih

BAGI Nina Nugroho,  menjalani profesi sebagai seorang desainer bukan hanya memikirkan sisi bisnis dan mencari keuntungan semata. Baginya,  sebagai seorang desainer dia harus bisa memberi nilai lebih bagi lingkungan sekitarnya, bagi sesama desainer dan masyarakat pada unumnya.

‘’Salah satu caranya adalah dengan menjadi  jembatan antara desainer lokal dan nasional,’’ ungkap Nina Nugroho, ketika menjadi nara sumber dalam jumpa pers dengan wartawan lokal di Lagoon Avenue Mall (Lave Mall), Bekasi, Jumat (6/3) lalu. Nina akan menjadi salah satu desainer nasional yang akan memamerkan hasil karyanya di Bekasi Fashion Week yang akan diselenggarakan pada  27-29 Maret di Lave Mall, Bekasi. Nina Nugroho akan tampil di hari kedua, yaitu Sabtu (28/3).

Nina mengajak desainer lokal Bekasi untuk mensyukuri keberadaan Bekasi Fashion Week yang merupakan pekan mode daerah yang tidak semua daerah memilikinya. Pekan mode daerah ini menjadi semacam anak tangga bagi para desainer lokal untuk memantapkan diri, sebelum mengikuti pekan mode di tingkat nasional yang tentu saja membutuhkan tingkat kurasi yang jauh lebih ketat lagi.

Dalam kesempatan itu, Nina menceritakan ketertarikannya kembali bergabung di acara ini adalah karena kesamaan visi dan misi dengan penyelenggara, yaitu Inna Raya Production pimpinan Innawati. Menurut Nina, dalam penyelenggaraan Bekasi Fashion Week kali ini, Inna memberikan porsi khusus bagi para penyandang disabilitas dan desainer anak-anak. Dua hal yang juga menjadi perhatian Nina Nugroho.

‘’Sejauh ini pekan mode yang memberikan perhatian khusus bagi desainer yang berkebutuhan khusus dan desainer anak-anak, baru ada di Bekasi  Fashion Week ini. Karena itu, begitu ditawari saya langsung menyetujui untuk bergabung,’’ ungkap Nina.

Perhatian kepada desainer anak-anak, antara lain ditunjukkan Nina dengan menerima peserta magang yang berasal dari siswa-siswi SMP dan SMA.

‘’Saya sengaja menerima mereka untuk magang dan menjalani PKL (praktek kerja lapangan) di workshop saya, agar saya bisa mengenalkan sedini mungkin minat kepada anak-anak ini. Juga menanamkan value tentang pentingnya perjuangan dalam mewujudkan sebuah rencana. Saya senang bisa memiliki andil menanamkan attitude kepada anak-anak ini. Dengan begitu, mereka akan memiliki daya juang yang memang sangat dibutuhkan sebagai seorang desainer. Bukan hanya bisa mendesain busana dengan baik, tetapi juga memiliki bekal attitude dan daya juang yang baik,’’ paparnya.

Selain itu, Nina juga menyampaikan hasil survei yang dilakukan, bahwa saat ini kebanyakan wanita warga Bekasi adalah para pekerja. Sebagai wanita yang memiliki multi peran, selain sebagai ibu rumah tangga juga memiliki karir di luar rumah, tentu dihadapkan pada tantangan yang lebih kompleks.

‘’Dalam hal ini Nina Nugroho memiliki program Sharing Solusi yang akan berbagi pengetahuan dengan para wanita mengenai berbagai persoalan yang sehari-hari dihadapinya.  Sharing Solusi perdana dilaksanakan Februari lalu dengan topik bahasan mengenai masalah kecanduan gadget pada anak-anak. Bersama pakarnya, setiapbulan program Sharing Solusi ini akan mencarikan solusi atas persoalan-persoalan tersebut. Materi yang dibahas seputar keluarga, karir, wellness dan tentu saja fashion,’’ tambah Nina .

Selain memamerkan karya terbarunya, dalam Bekasi Fashion Week 2020,Nina juga akan menghadirkan Sharing Solusi dipanggung BFW dengan topik kewirausahaan di bidang fashion dengan pembicara Nina Nugroho sendiri.

Innawati dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa BFW digelarberkat kolaborasi antara desainer nasional dengan dasainer lokal. BFW sebagai ajang untuk saling belajar, melihat dan mengamati. Dikatakan, beberapa desainer anak-anakakan tampil di ajang tersebut, begitu juga desainer dan model difabel. Pada acara pembukaan, akan tampil para model spesial , yaitu istri para pejabat di wilayah Kota Bekasi  yang akan memamerkan  batik Bekasi.

Sementara itu Andi Mulyono,  Kasie PromosiDinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi menyampaikan, selain Bekasi Fashion Week, tahun ini telah menyiapkan acara lain. Yaitu akan mengikuti pekan mode di Bali,Malang, Batam dan Dubai. Para desainer yang terlibat dalam Bekasi Fashion Week mendapat kesempatan pertama untuk mengikuti kurasi guna diberangkatkan ke empat pekan mode tersebut.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo! Klik salah satu CS dibawah untuk melakukan chat via WhatsApp.