Jangan Semprotkan Desinfektan Ke Tubuh. Berbahaya

Jangan Semprotkan Desinfektan Ke Tubuh. Berbahaya

CAIRAN desinfektan diyakini dapat membunuh virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Tetapi benarkah dengan menyemprotkan alkohol atau chlorin ke sekujur badan bisa membunuh virus corona yang menempel di tubuh? Ternyata itu adalah anggapan yang salah dan justru dapat berakibat buruk bagi tubuh dan lingkungan.

Belakangan ini di berbagai tempat sering disiapkan bilik desinfektan yang akan menyemprot siapa saja yang akan memasuki suatu wilayah. Entah kantor, entah kompleks perumahan maupun pertokoan. Apakah tindakan itu bisa dibenarkan?

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran UI, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH,MMB menyemprot alkohol atau klorin ke sekujur tubuh tidak akan bisa membunuh virus corona dan tidak akan bisa menghalangi virus tersebut masuk ke dalam tubuh manusia. Menyemprotkan alkohol dan khlorin  bahkan justru bisa membahayakan.

‘’Alkohol atau desinfectan hanya efektif untuk membunuh virus corona yang ada dipermukaan suatu benda dengan cara diusap atau di-lap. Cairan desinfektan hanya untuk benda mati dan bukan untuk tubuh manusia,’’ ungkapnya.

Tindakan menyemprotkan desinfektan ke tubuh itu tidak sesuai dengan pedoman Badan Kesehatan Dunia atau  WHO (World Health Organization).

Meski virus corona dianggap bisa menyebar di udara, penyemprotan desinfektan dan alkohol dalam jumlah besar berpotensi berbahaya bagi manusia dan harus dihindari.

Mengutip dari Panduan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi COVID-19 yang diterbitkan WHO pada 21 Maret 2020, tertulis bahwa pembersihan dan penggunaan desinfeksi pada lingkungan dan ditingkat rumah sakit direkomendasikan terhadap benda yang sering disentuh.

Benda-benda yang sering dipegang itu seperti sakelar lampu, gagang pintu, tempat tidur, meja, laptop dan telepon. Sementara itu kamar mandi juga harus dibersihkan setidaknya dua kali setiap hari dan ketika kotor. Permukaan yang terlihat kotor harus dibersihkan terlebih dahulu dengan deterjen.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo! Klik salah satu CS dibawah untuk melakukan chat via WhatsApp.