Burhan Abe, Meraup Dollar Dengan Dropshipping

Burhan Abe, Meraup Dollar Dengan Dropshipping

DI masa sulit seperti saat ini, dropshipping menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan income tambahan. Berbisnis dengan cara ini, bisa dikatakan tidak membutuhkan modal yang besar, namun tetap dibutuhkan ketekunan untuk bisa sukses.

 

‘’Di dunia sudah banyak yang sukses menjadi multijutawan dengan bisnia cara dropshipping ini, saya berharap nantinya diantara kita juga akan ada yang menjadi multi jutawan dengan menjalankan bisnis dropshipping ini secara global, bukan hanya bermain di dalam negeri saja,’’ ungkap Burhan Abe, yang menekuni dunia digital sejak beberapa tahun terakhir dan kini tengah mendalami dunia dropshipping.

 

Dalam program Nina Nugroho Solution yang dipandu Nina Septiana, pada Sabtu (10/10) lalu, pemimpin redaksi MALE.co.id itu membeberkan kiat-kiat melaksanakan bisnis dropshipping ini kepada para viewers @ninanugrohostore.

 

Abe yang menggeluti dunia media sejak tahun 1990 an ini mengatakan, selain menjadi blogger dan youtuber, dropshipping bisa menjadi alternatif dalam mendulang dollar melalui internet. Bila menjadi blogger harus memiliki kemampuan menulis dan menjadi youtuber harus mampu membuat konten yang menarik, untuk menjalani bisnis melalui dropshipping yang dibutuhkan hanyalah landing page atau biasa disebut toko online.

 

‘’Untuk memiliki toko online kita bisa menggunakan platform apa saja, tidak perlu membuat sendiri karena dibutuhkan skill khusus. Kita bisa minta kepada ahlinya untuk dibuatkan toko online. Setelah itu baru dikelola agar terlihat menarik untuk dikunjungi. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana kita mempromosikan took online kita agar orang mengunjunginya,’’ terang Abe.

 

Menurut Abe, dropshipping pada prinsipnya sebagaimana reseller, menjualkan barang milik orang lain. Bedanya bila reseller hanya bisa untuk satu produk tertentu saja, sedangkan dropshipping bisa menjual kembali lebih banyak jenis barang sesuai yang diinginkan.

 

‘’Kalau reseller masih perlu modal untuk kulakan barang yang akan kita jual, tapi dropshipping tidak. Kalau dunia bisnis konvensional disebut konsinyasi. Hanya saja yang meletakan barang di took kita bukan si produsen atau pemilik barang, tetapi kita sendiri yang justru menentukan barang mana yang akan kita pajang di took online kita untuk kita jual,’’ terangnya.

 

Ia lalu menyebut tiga marketplace global yang dapat menjadi ‘sasaran’ dropshipping yaitu e-Bay, Amazaon dan AliExpress milik Alibaba. Dari tiga marketplace tersebut, AliExpress saat ini sedang giat mempromosikan agar makin banyak yang tertarik menjalani dropshipping ini.

 

‘’Di AliExpress ada 2 juta tenant dengan puluhan juta jenis barang yang ditawarkan, 99 persen diantara mereka sudah siap menjadi dropshipper. Ini berbeda dengan marketplace dalam negeri yang belum banyak menawarkan dropshipping,’’ kata Abe lebih lanjut.

Kemudahan lain dalam menekuni dropshipping ini, semua berjalan secara otomatis, sehingga nyaris tidak ada kontak yang diperlukan antara pembeli, pelaku dropshipping dan pemilik barang. Begitu juga dengan harga yang akan ditawarkan oleh pelaku dropshipping, akan secara otomatis dilakukan oleh mesin.

 

‘’Jadi kita juga tidak usah pusing untuk menghitung, berapa harga yang harus kita pasang di took kita, karena begitu plug ini barang yang mau kita pajang, maka harganya sudah otomatis berubah menyesuaikan dengan ketentuan dari pemilik barang. Pendapatan kita diperoleh dari selisih harga tersebut,’’ tutur Abe,

 

Meski semua berjalan secara otomatis, namun pelaku dropshipping harus memiliki kemampuan riset barang yang bagus. Menentukan target pasar dan melakukan promosi baik melalui Instagram maupun facebook.

 

‘’Tantangannya adalah berapa bujet yang akan kita keluarkan untuk mempromosikan barang ini. Kita harus jeli belanja promosi ini. Bila tidak ingin pusing, bisa juga meminta batuan digital marketer untuk mengaturnya. Tetapi bila kita sudah memiliki kemampuan untuk belanja promosi, maka tidak ada salahnya dilakukan sendiri,’’ paparnya.(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *