7 Tips Cara Pakai Pashmina yang Simpel dan Rapi

(photo by Nina Nugroho)

Saat ini, jilbab memiliki banyak varian jenis dan model. Hijab yang sering digunakan para muslimah biasanya jenis segi empat, instant, dan juga pashmina.  Pashmina menjadi salah satu hijab yang paling digemari oleh muslimah. Alasannya, hijab yang berukuran panjang ini dapat memberikan tampilan mewah nan elegan, modern, dan rapi. Selain itu, pemakaian pashmina dapat dikreasikan dalam berbagai model. Bagi Anda yang ingin berhijab modern menggunakan pashmina, bisa mengikuti beberapa tutorial cara pakai pashmina yang bisa dicoba.

1.Pashmina ikat belakang
Menggunakan pashmina ikat belakang ini cukup simpel untuk dikenakan. Anda hanya membutuhkan satu jarum pentul. Caranya adalah  pakai pashmina dengan ujung yang sama panjang dan sematkan jarum pentul di leher (bawah dagu). Lalu ikat pashmina ke belakang.
2.Pashmina sampir ke bahu
 Beberapa muslimah sering kali menggunakan pashmina yang hanya disampirkan ke bahu. Sebab, model ini tidak ribet dan tidak memakan banyak waktu. Anda hanya mengaitkan jarum pentul di leher, lalu sampirkan ujung pashmina yang sama panjang ke bahu.
3.Pashmina lilit leher
Cara pakai pashmina yang simpel juga bisa dengan melilitkannya di leher. Caranya, pakai pashmina yang mana ujung kanan lebih panjang daripada kiri. Setelah itu, ujung pashmina yang lebih panjang itu dililitkan di leher. Pastikan, pilih bahan tipis dan flowy ketika menggunakan model pashmina ini. Agar tidah membuat leher menjadi besar.
4.Pashmina untuk wajah bulat
Bagi muslimah berwajah bulat, bisa menggunakan pashmina yang berbahan tipis dan flowy dengan majukan hijab sampai menutupi separuh bagian pipi. Paling penting adalah pilih model yang tidak terlalu rumit di bagian atas agar tidak memberikan kesan berat pada wajah. Selain itu, pilih warna yang agak gelap untuk menyeimbangkan wajah bulatnya. Misalnya, menggunakan warna maroon, navy, hitam, abu-abu, krem, dan coklat. Cara pakai:
– Pakai pashmina dan pastikan ujung kanan lebih pendek daripada sebelah kiri.
– Ambil tepian kerudung sebelah kiri bagian dalam, kemudian sematkan menggunakan jarum pentul di balik hijabnya di dekat pelipis kanan.
– Tarik kain yang sudah disematkan, kemudian juntaikan ke bagian kiri. Lalu, sematkan tepian yang berada di puncak kepala dengan  jarum.
 
5.Pashmina simple dan modis
Anda bisa menggunakan pashmina yang simpel namun tetap modis dikenakan. Caranya:
– Pakai pashmina dengan ujung sebelah kanan lebih panjang. Bagian kiri cukup sepanjang dada atas. Sematkan ujung pashmina sebelah kiri ke bawah telinga kanan.
– Kemudan lilit ujung pashmina sebelah kanan ke belakang sampai pundak kiri lalu biarkan menjuntai dan rapikan.
6.Pashmina syar’i
Menggunakan jilbab pashmina juga bisa dimodel syar’i. Caranya pun tidak terlalu rumit.
– Pakai pashmina dengan panjang sisi yang sama, lalu sematkan peniti atau jarum pentul di balik telinga.
– Tarik kain sebelah kanan hingga menutup dada dan sematkan jarum pentul atau peniti ke belakang pelipis kiri.
– Kemudian tarik ujung hijab sebelah kiri untuk disematkan ke bahu dengan menggunakan jarum pentul atau peniti.
7. Pashmina layer
Menggunakan pashmina layer di kepala juga sempat diminati kalangan muslimah. Selain simpel, model ini juga membuat kesan rapi dan modis.
–  Pakai pashmina dengan panjang sebelah kanan lebih panjang daripada kiri. Sematkan jarum pentul atau peniti di leher (bawah dagu).
– Lalu tarik ujung pashmina yang panjang ke sisi berlawanan dengan melingkari kepala sampai ke depan pundak sebelah kiri. Agar tidak merosot atau licin, sematkan jarum pentul di atas kepala atau di bagian samping kepala sebelah kiri.

Nah tertarik mencoba? Jangan lupa untuk check koleksi Pashmina kita yaaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo! Klik salah satu CS dibawah untuk melakukan chat via WhatsApp.